Belajar Kopi di Bali Pulina

Ketika kamu berkunjung ke Bali, Apa yang ada dibenakmu? mungkin hanya pantai , sawah atau kuliner khas Bali  . Namun taukah kamu, Kalau Bali juga memiliki agrotourism , sebuah jenis pariwisata yang berkonsentrasi pada pertanian dan perkebunan.

SAM_1055SAM_1049

Agrotourism  adalah sebuah jenis pariwisata yang tergolong baru di Pulau Bali. Namun jauh sebelum itu, Masyarakat Bali sudah mengenal pertanian dan perkebunan untuk memenuhi kebutuhan pangannya.  Hal ini terlihat dari sistem irigasi pertanian subak yang digunakan sejak abad ke 9 dan menjadi warisan budaya dunia  UNESCO . Tidak hanya itu, Bali juga memiliki perkebunan kopi yang menghasilkan salah satu biji kopi terbaik di dunia.

SAM_1068Salah satu agrotourism  yang cukup  terkenal di Bali adalah Bali Pulina, , sebuah tempat agrotourism yang mengajarkan pengunjung untuk mempelajari kopi mulai dari cara pemilihan biji, cara pengeringan, cara roasting sampai  kopi itu diminum.

SAM_1066

Untuk memasuki tempat wisata yang tidak jauh dari Ubud Rice Terrace, kita diwajibkan membayar tiket sebesar 100.000 . Tiket ini mencakup 1 tiket masuk, seporsi pisang goreng, dan 10 gelas kopi berbagai rasa yang dapat dinikmati diakhir perjalanan.

Setelah membayar tiket, kita akan didampingi oleh seorang pendamping yang menceritakan seluk beluk kopi , terutama kopi luwak dan kopi Bali sambil mengantarkan kita dari pintu masuk ke sebuah  tempat untuk melihat luwak , binatang sejenis musang yang hanya terdapat di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

SAM_1070

Pendampingku menceritakan jika luwak hanya memakan biji kopi arabica yang terbaik. Sedangkan biji kopi yang tidak berkualitas baik tidak akan dimakan oleh luwak.

Biji kopi yang telah dimakan oleh luwak, akan diproses secara alami didalam perut luwak, dan akan keluar dalam bentuk kotoran. Kotoran inilah yang dikeringkan selama delapan jam untuk kemudian di roasting agar dapat dinikmati.

Puas berkeliling, saatnya melihat pemandangan di deck yang menjadi ciri khas dari tempat ini. Bukit yang hijau dan sawah menjadi pemandangan mengagumkan dari deck ini.

SAM_1074

Lelah juga yaah berkeliling, saatnya aku beristirahat sejenak sambil menikmati pisang goreng dan berbagai pilihan kopi, teh, dan cokelat untuk dinikmati. Kopi , teh, dan susu serta kudapan pisang goreng sudah termasuk dalam harga tiket loh.

SAM_1098

Overall aku sangat puas datang ke sini. Selain pemandangannya indah, tempat ini juga jarang diketahui oleh turis lokal.

Bali Pulina 

Tegal Alang

Bali

 

 Wifi : Yes

Electrical Socket : No

Valet : No

 

Cash accepted

 

 

Buro Concept Store

Pulau Dewata tidak pernah kehabisan dengan destinasi kuliner dan tempat nongkrong seru. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi selama di Pulau Dewata adalah Buro, sebuah tempat yang menggabungkan concept store ,  coffee shop , workspace  dengan aksen warna putih yang begitu kuat.

DSCF9494

DSCF9492

DSCF9495

Buro yang  baru nge-hits di Bali beberapa bulan terakhir , berlokasi di Jalan Petitenget, tepatnya di atas Livingstone Bakery , toko yang terkenal menjual roti semangka.

DSCF9477

DSCF9482

DSCF9485

Kafe yang penuh dengan pencahayaan natural ini,  buka dari jam 800 sampai jam 2200 dan memiliki dua area tempat duduk : Outdoor dan indoor.

DSCF9497

DSCF9547

DSCF9528

DSCF9548

Selain berbelanja barang-barang konsep seperti jam, tas yang unik; kamu dapat menikmati segelas kopi juga loh. Terdapat dua pilihan coffee roasting  yang dapat kamu seruput disini : Flora Technica dari Common Grounds yang memiliki rasa kopi yang tidak terlalu kuat , sangat cocok untuk wanita yang baru mencicipi kopi dan Korte dengan karakteristik kopi yang lebih kuat

DSCF9537

DSCF9530

DSCF9465

DSCF9469

Sebagai anak Instagram , kamu wajib foto-foto disini sambil nyeruput kopi! ownernya pun mempersilahkan kita untuk explore tempat ini untuk foto-foto. Pokoknya kalau ke Bali , Wajib banget ke sini!

Buro

Jalan Petitenget

Bali

Wifi : yes

Electrical Socket : yes

Valet : No