Flight Review : Garuda Indonesia Business Class Yogyakarta (JOG) – Jakarta (CGK)

Yogyakarta, sebuah provinsi yang terkenal sebagai pusat dari budaya Jawa yang begitu kental. Tidak heran, Provinsi ini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sebut saja Keraton Yogjakarta, sebuah tempat wisata , tempat pemerintahan D.I Yogjakarta, tempat tinggal raja dan tempat pusat budaya yang menjadi daya tarik semua orang ketika berkunjung ke Yogyakarta, salah satunya aku.

Selama beberapa hari, aku berkeliling Yogyakarta ditemani blogger kondang Yogyakarta. Berbagai tempat kita kunjungi : Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko   dan tempat seru lainnya

DSCF5405

DSCF5400

DSCF5383

DSCF5380

Beberapa hari pun aku lalui, tak terasa harus kembali ke Jakarta. Sedih deh, meninggalkan suasana Yogyakarta yang asri dan menenangkan gak seperti Jakarta.

Kali ini aku terbang ke Jakarta dengan Garuda Indonesia Business Class . Penerbangan yang memakan waktu kurang lebih sejam ini berawal dari Bandara Adi Soecipto Airport dan berakhir di Soekarno Hatta International Airport Terminal 2.

DSCF5484

 

DSCF5482

Perjalananku dari Jogjakarta menuju Bandara Adi Soecipto tidak memakan waktu banyak. Hanya 30 menit. Begitu aku sampai di Bandara, aku langsung melewati security check dan Check in di Counter Khusus Business Class Garuda Indonesia yang terletak di sebelah kanan pintu masuk setelah melewati Security Area. Seperti biasa, Garuda Indonesia memisahkan antrian Check In kelas ekonomi dan kelas eksekutif.

DSCF5481

DSCF5488

 

Karena aku tidak membawa koper untuk masuk ke bagasi pesawat , proses check in  tidak memakan waktu sampai 10 menit. Cepet deh

Selepas check in ,  aku pun bergegas ke Garuda Indonesia Executive Lounge. Berbeda dengan Lounge Airline lain yang terletak di gedung yang berbeda dengan gedung untuk check in , Lounge yang dimiliki oleh Garuda Indonesia terletak dekat dengan Area Check In Garuda Indonesia. Hanya beberapa langkah saja. Walaupun Lounge ini terbilang mungil, namun fasilitas yang dimiliki cukup lengkap. Mulai dari pilihan makanan yang lebih lengkap dibandingkan dengan Lounge Garuda Indonesia Soekarno Hatta Airport Jakarta, komputer dengan fasilitas internet, free flow drink, toilet, dan tidak lupa kursi sofa yang  nyaman.

DSCF5491

DSCF5493

DSCF5494

 

DSCF5495

DSCF5496

DSCF5499

 

Selain tersedia makanan khas Indonesia, Lounge ini menyediakan makanan khas Jawa . Sentuhan lokal tersaji di sini. Rasanya cukup lezat dan bisa menampung rasa laparmu sebelum kamu terbang.

DSCF5501

DSCF5502

DSCF5503

 

DSCF5507

Tidak beberapa lama, penguman boarding pun berkumandang. Saatnya aku harus terbang nih.  Oh ya saran aku, selama kalian belum dipanggil terakhir alias lastcall  untuk boarding , sebaiknya kamu tetap menunggu di lounge , karena boarding area sangat penuh sesak, bahkan tidak ada tempat duduk tersedia sama sekali. Sangat tidak nyaman. Kalau kamu takut terlambat,  jarak antara lounge Garuda Indonesia dengan Boarding Gate cukup memakan waktu kurang dari 5 menit berjalan kaki ( walaupun melewati Security Gate) jadi gak perlu takut ditinggal

DSCF5509

 

Di Bandara ini tidak terdapat Garabarata , sehingga kamu harus berjalan dari gedung terminal menuju pesawat. Tidak terlalu jauh kok!

Nah, setelah panggilan Boarding, Kali ini aku terbang lewat Gate 3, lalu jalan menuju Pesawat. Daaaan , pesawat aku adalah PK-GEK . Pesawat Boeing 737-800 milik Garuda Indonesia

DSCF5512

DSCF5516

DSCF5515

Begitu masuk pesawat, seorang pramugari mempersilahkan aku duduk.  Setelah aku melihat-lihat, ternyata aku mendapat pesawat Boeing 737-800 yang tidak ada PTV nya, jadi tidak ada personal TV deh 🙁 . Acara bakal bosan deh selama satu jam kedepan.

DSCF5520

Namun rasa beteku terobati dengan pemberian free drink dan handuk panas tidak lama setelah aku duduk.

DSCF5521

DSCF5523

Begitu semua penumpang masuk pesawat, dan pintu ditutup, pesawat pun langsung taxiing dan take off  meninggalkan Yogyakarta. Wuihiii! Bye Bye Yogyakarta! Sampai berjumpa kembali!

10 Menit mengudara, tanda mengenakan sabuk pengaman dilepaskan. Namun karena tidak ada Personal TV, akhirnya diputarkanlah acara yang selalu diputar oleh Garuda Indonesia sejak dahulu : Just for Laughs di TV Sentral. Acara ini cukup menghibur, dan tidak memerlukan headset agar kita mengerti cerita dan komedinya.

DSCF5554

Tidak beberapa lama, pramugari pun menyajikan makanan. Berbeda dengan penerbangan kelas bisnis Jakarta- Semarang yang menyediakan makanan berat berupa nasi di penerbangannya. Makanan untuk rute Yogyakarta- Jakarta hanya menyediakan roti saja. Padahal waktu tempuhnya hampir sama.

DSCF5553

Tanpa terasa, Pramugari pun meminta penumpang untuk menegakan sandaran kursi dan menaikan jendela.  Aku pun melihat Pemandangan Pantai Indah Kapuk dibawah. Tanda sebentar lagi pesawat akan mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Gak kerasa banget loh!

DSCF5567

 

DSCF5568

Pilot pun berkumandang: Flight Attendant, Landing position! . Dan beberapa saat kemudian aku pun melihat jarak pesawat mulai mendekati daratan. Wusss, Finally,   aku pun mendarat di Jakarta.

DSCF5573

Entah mengapa malam itu Bandara Soekarno Hatta begitu padat. Setelah mendarat, pesawat pun akhirnya parkir di remote area. Untung saja malam itu tidak hujan. Kalau tidak aku bakal kebasahan.

Berbeda dengan kelas ekonomi, yang menggunakan bus besar dari pesawat ke gedung terminal. Aku menggunakan mobil Bus kecil dari pesawat ke gedung terminal khusus untuk kelas bisnis.

DSCF5578

DSCF5579

Karena aku tidak membawa bagasi, aku pun dapat bergegas kelaur dari gedung terminal menuju mobil. Tidak lama kok hanya 10 menit saja.

Overall , Pelayanan Garuda Indonesia Kelas Bisnis kali ini sangat oke, hanya saja ada perbedaan makanan untuk rute Yogyakarta – Jakarta yang hanya menyediakan roti, sedangkan rute Jakarta semarang menyediakan makanan berat. Padahal waktu tempuhnya hampir serupa.

Published by

One thought on “Flight Review : Garuda Indonesia Business Class Yogyakarta (JOG) – Jakarta (CGK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *